Minggu, 28 Agustus 2011

Sejarah pengembangan SO generasi DOS


Microsoft Windows merupakan keluarga sistem operasi yang di kembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan GUI (Graphic User  Interface) sebagai media antarmuka yang sangat User Friendly. Awalnya sistem operasi ini adalah sistem operasi yang hanya ada teks saja tanpa ada sedikitpun sentuhan grafis di dalamnya. Untuk memasukan suatu perintahpun kita di tuntut untuk dapat menghapal semua perintah yang dapat dijalankan dan dikenali oleh komputer, tentunya ini sangat tidak enak untuk di pakai. Ms-DOS adalah sebutan untuk sistem operasi ini yakni sistem operasi yang berbasis teks. Ms-DOS merupakan singkatan dari Microsoft Disk Operating Sistem, Ms-DOS inilah yang memulai perkembangan Windows nantinya. Ms-DOS merupakan sejarah atau nenek moyang bagi sistem operasi Windows yang ada sekarang bahkan sekarang pun Ms-DOS masih digunakan pada sistem operasi yang telah berbasis GUI.

Windows Grafhic Environment 1.0 pertama kali dikeluarkan untuk pasar pada bulan November tahun 1985 padahal sistem operasi berbasis grafis pertama ini telah di perkenalkan ke publik pada tanggal 10 November 1983 dimana ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan komputer dengan tampilan grafis.
Menyusul Windows 1.0, maka muncullah sistem operasi baru yang menyempurnakan sistem operasi 1.0 yakni Windows 2.x. Windows versi 2 ini muncul pada tanggal 9 Desember 1987, menjadi sedikit lebih popular dari sebelumnya karena SO ini didukung oleh aplikasi buatan Microsoft yang berbasis grafis pula seperti Ms. Word dan Ms. Excel. Sedangkan pada tahun 1990 Microsoft mendapatkan kesuksesan yang sangat penting sekali dalam sejarah karena kembali memunculkan SO yang lebih meningkatkan kemampuan kinerja PC terhadap aplikasi Windows yang di beri nama Windows 3.0. Selain itu dengan adanya Windows 3.0 ini mampu untuk dapat menjalankan perintah Ms-DOS secara serentak atau yang sering disebut dengan multitasking dengan adanya memory virtual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar