Sabtu, 20 Agustus 2011

Bahayanya memutar leher saat pegal

Tahukah anda tentang bahayanya jika saat leher terasa pegal di putar atau di banting ke kanan dan ke kiri hingga muncul suara tulang yang seperti patah.? Hal tersebut memang akan terasa menyenangkan, bahkan jika tidak muncul suara krek-krek rasanya kurang asik sehingga anda melakukannya berulang kali hingga muncul suara tersebut. Saya merupakan salah satu orang yang sering melakukan hal tersebut, tapi setelah saya lihat-lihat di internet dan di TV ternyata hal tersebut sangatlah berbahaya karena dapat membuat salah satu tulang patah. Kenapa tidak, ketika leher terasa pegal maka yang terjadi adalah tulang terasa mengeras dan seperti robot. Jika tulang-tulang tersebut di putar sekaligus maka ada kemungkinan tulang dapat retak atau patah karena pemutaran yang sangat keras atau di banting dengan keras. Dan juga salah satu saraf yang menuju ke otak dapat terjepit akibatnya kerja organ tubuh tidak optimal atau terhenti. Bahkan yang lebih parah lagi jika anda membanting atau memutarnya sangat keras dapat mengakibatkan kematian karena urat leher pada leher putus, seperti film-film aksi yang sering melakukan hal tersebut (jangan ditiru).
Satu-satunya jalan semua saraf menuju otak adalah dengan melalui leher. Maka kebiasaan tersebut hendaklah di hentikan. “Ada banyak jalan menuju Roma” seperti pribahasa itu maka ada banyak cara pula untuk menghilangkan rasa pegal pada leher. Saya akan memberikan beberapa tips pada anda tentang bagaimana cara untuk menghilangkan rasa pegal di leher:
1.       Jika anda akan memulai melakukan sebuah aktivitas seperti menonton TV, mengoperasikan komputer ataupun yang lainnya maka hendaklah melakukan pelemasan terlebih dahulu pada leher anda lakukan seperti ketika anda melakukan senam.
2.       Saat leher sudah terasa pegal maka berikan pijatan-pijatan kecil pada leher anda.
3.       Kompreslah leher anda dengan air hangat untuk menghilangkan rasa pegal.
4.       Saat melakukan aktivitas hendaklah posisi leher tidak merunduk atau berdiri karena itu akan mengakibatkan rasa pegal pada leher anda. Jika anda sedang mengoperasikan komputer hendaklah posisi leher atau kepala sejajar dengan monitor. Dan rilekslah jangan terlalu tegang.
5.        Saat tidur jangan menggunakan bantal yang terlalu tinggi. Usahakan anda tidur terlentang tidak ke kiri atau ke kanan karena dengan posisi tersebut saat anda terbangun leher anda akan sangat terasa pegal. Dan janganlah tidur di sofa atau kursi.
6.       Sedikit tambahan, saat mandi gunakan air hangat yang di masak dengan daun kapas muda (tapi bukan pucuk) karena itu akan membuat anda merasa segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar