Kamis, 25 Agustus 2011

Cara membuat komputer shutdown sendiri secara terus-menerus

Bagi anda yang suka usil dengan menggunakan komputer, saya ada sedikit trik nih hanya untuk sekedar usil. Saat komputer dihidupkan maka akan di mulai dengan menjalankan berbagai program startup. Program yang aktif biasanya adalah program yang sangat penting seperti antivirus. Program startup ini tidak hanya dapat dibuat oleh komputer saja secara otomatis tapi andapun dapat menambahkan beberapa program yang ingin di jalankan oleh komputer saat pertama kali di hidupkan. caranya adalah dengan menggunakan teknik drag and drop program yang di jalankan yang kemudian di tempatkan di menu start up yang ada di start menu.
Dengan menggunakan teknik seperti di atas maka saya berikan kepada anda khusus karena telah bersedia mampir di blog ini. Saya akan berikan sedikit teknik mengenai bagaimana agar komputer melakukan shutdown sendiri. Tapi perlu diingat ini hanya untuk pengetahuan saja jangan sampai menimbulkan hal buruk yang terjadi nantinya.
Ok, langsung saja. Pertama anda buka notepad pada PC dengan cara klik start, all programs, accessories, notepad. Kemudian anda ketikan kode berikut ini "shutdown -s -f -t 30" tanpa tanda kutip. Lalu simpan dengan nama apa saja terserah anda yang di akhiri dengan ",bat" tanpa tanda kutip, contoh: sandi.bat. Simpan di mana saja terserah anda. Setelah di simpan anda coba drag and drop file tadi ke menu start up yang berada di start menu. Setelah itu coba anda restart komputer anda dan lihat apa yang terjadi (saya tidak menyarankan untuk melakukan ini).
Penjelasan : perintah "shutdown -s -f -t" digunakan untuk memberikan perintah kepada PC untuk dimatikan sedangkan angka "30" adalah jangka waktu saat komputer akan mati dengan satuan detik.
Cara inipun bisa dimanfaatkan untuk mematikan komputer hanya dengan satu kali klik atau membuat komputer mati sendiri sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan. Hanya saja bedanya adalah disimpannya meski di desktop jika ingin satu klik mati semdiri.

1 komentar: