Senin, 22 Agustus 2011

Mengenal berbagai perusak sistem pada komputer

Perusak sistem komputer merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows. Karena Windows banyak digunakan di seluruh Negara di dunia ini, sebab kelebihannya di  tampilan yang User Friendly. Tidak heran jika hal ini banyak di manfaatkan oleh banyak pihak untuk merauk banyak keuntungan atau hanya sekedar usil semata. Perusak sistem tidak ada dengan sendirinya tetapi ada orang yang membuatnya demi kepentingannya sendiri.
Yang saya ketahui ada tiga jenis perusak sistem komputer yang paling sering bermunculan atau sering dibuat, yakni:


1.       Virus
Virus merupakan perusak sistem yang dominan pada suatu komputer karena ia dapat berkembang dengan sendirinya tanpa harus online. Virus ini dapat bertambah dengan cepat bila tidak diantisipasi dengan segera. Ia bekerja hanya sebagai perusak sistem saja dan tidak lebih dari itu.
 Cara mengantisipasinya adalah dengan memasang anti virus di komputer anda. Anti virus yang baik adalah antivirus yang memiliki jumlah database (basis data) yang banyak.

2.       Trojan
Trojan berasa dari bahasa asing yaitu Troja yang berarti kuda hiburan. Pada zaman peperangan dulu kuda troja sering digunakan untuk menghancurkan kerajaan lain dari dalam. Kuda ini berukuran besar yang di dalamnya dapat menampung banyak orang. Mula-mula ia dating dengan wujud kuda bohongan sebagai hiburan untuk masyarakat kerajaan yang pertahanannya sulit untuk di tembus. Setelah ia berhasil masuk di tengah-tengah masyarakat yang dating untuk melihat aksinya, maka orang yang ada di dalam kuda ini keluar dengan menggunakan pakaian perang lengkap dengan senjatanya dan langsung merusak kerajaan yang di masuki tadi.
Seperti halnya cerita tadi maka Trojanpun memiliki cara kerja yang menyerupai kuda troja tadi yakni dengan masuk di sistem  komputer kemudian mengambil data penting yang dikirimkan ke pembuat Trojan tadi.
Cara menangani jenis perusak sistem ini adalah dengan menggunakan anti Trojan. Tapi sekarang banyak anti virus yang didalamnya terdapat database untuk memusnahkan trojan-trojan, jadi terserah anda apakah menggunakan anti Trojan atau anti virus karena keduanya sama-sama dapat membasmi Trojan.

3.       Worm
Worm hampir sama dengan virus karena dapat berkembang biak dengan cepat, hanya saja worm meski online untuk dapat berkembang biak tidak seperti virus yang dapat berkembang biak meskipun offline. Biasanya worm akan masuk di komputer apabila anda membuka situs-situs yang memang sengaja untuk menyebarkan worm-wormnya.
Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan anti worm atau dengan menggunakan anti virus yang ada internet securitynya. 

1 komentar:

  1. I'm using Kaspersky security for a couple of years now, and I'd recommend this solution to everyone.

    BalasHapus