Sabtu, 20 Agustus 2011

Mata dan Perawatannya

Mata merupakan indra penglihatan. Cara kerja mata adalah dengan menerima cahaya dari luar yang di kirim ke otak untuk kemudian di respon. Mata merupakan organ tubuh yang penting, dengan menggunakan mata anda dapat melihat apapun secara visual. Dalam bersosialisasipun mata sangat berpengaruh besar. Artinya dengan kontak langsung antara kedua pasang mata dapat terjadi adanya interaksi sosial antara yang satu dengan yang lainnya. Banyak yang bilang bahwa mata merupakan aset yang sangat berharga yang di berikan oleh Tuhan. Kenapa tidak, dengan mata muncullah pelukis, arsitek, pekerja kantoran dan lain sebagainya. Bayangkan jika seseorang tidak memiliki mata maka ia tidak dapat melakukan hal-hal seperti tadi. Maka dari itu menjaga mata merupakan hal yag sangat diperlukan di samping untuk menunjukan rasa Syukur kepada yang telah memberikan mata itu sendiri.
Seperti organ lainnya mata dapat terjangkit oleh berbagai penyakit di antaranya:
1.      Miopi
Miopi yakni seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh.
Dapat dibantu dengan kacamata berlensa cekung.
2.      Hipermetropi
Hipermetropi yaitu seseroang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat dari mata. Dapat dibantu dengan kacamata berlensa cembung.
3.      Presbiopi
Presbiopi adalah seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat maupun berjarak jauh.Dapat dibantu dengan kacamata berlensa rangkap. Biasa terjadi pada lansia
4.      Katarak
Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram karena penebalan Lensa Mata dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia).
5.      Astigmatis
Ketidakaturan lengkung - lengkung permukaan bias mata yang berakibat cahaya tidak fokus pada satu titik retina(bintik kuning). Dapat dibantu dengan kacamata slinder.

Setelah anda mengetahui berbagai penyakit mata, saya akan coba berikan beberapa tips untuk menjaga agar mata anda senantiasa terjaga kesehatannya terutama bagi anda yang bekerja dengan menggunakan komputer.
1.       Konsumsilah makanan yang bervitamin A.
2.       Jangan membaca di tempat gelap atau sambil tiduran.
3.       Gunakan filter untuk monitor, TV, handphone atau benda elektronik lainnya untuk mengurangi radiasi yang di pancarkan. Usahakan tingkat kecerahan dari benda-benda tersebut tidak terlalu tinggi atau rendah (terang atau redup).
4.       Jangan menonton atau mengoperasikan handphone sambil berbaring atau tiduran. Dan jangan pada keaadan gelap.
5.       Jangan menonton terlalu dekat
6.       Gunakan mentimun yang masih segar untuk menghilangkan radiasi yang ada di mata anda.

Untuk pengguna komputer:
1.       Gunakan monitor LCD.
2.       Gunakan filter untuk monitor.
3.       Posisikan mata agar sejajar dengan monitor.
4.       Atur tingkat kecerahan agar tidak terlalu tinggi atau rendah.
5.       Bagi para gamer atau facebooker dan yang lainnya jangan keasikan hingga lupa berkedip yang mengakibatkan mata mengering.
6.       Palingkan pandangan untuk beberapa saat ke arah lain dari monitor.
7.       Gunakan kacamata anti radiasi.
8.       Jangan mengoperasikan komputer di tempat gelap.
9.       Gunakan timun yang masih segar untuk menghilangkan radiasi pada mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar