Rabu, 05 Oktober 2011

Mengenal BsOD (Bluescreen of Death)


BsOD adalah pesan kesalahan yang muncul pada Windows akibat dari adanya kerusakan pada sistem yang cukup fatal sehingga kinerja sistem operasi terhenti / dihentikan. Pesan BsOD ditandai dengan adanya peringatan kerusakan pada layar, layar berwarna biru dengan isi pesan yang sulit di mengerti oleh bahasa manusia (Low Level). Munculnya BsOD disebabkan karena kerusakan yang terjadi pada sistem ataupun pada hardware yang digunakan. Dengan adanya BsOD ini anda akan mengetahui kerusakan apa yang terjadi pada komputer anda, tapi anda tentu tidak tahu apa maksud dari pesan yang dimunculkan di monitor anda karena bahasa yang digunakan adalah bahasa komputer.

Berikut merupakan diagnosa mengenai kerusakan yang terjadi pada komputer sehingga membuat BsOD muncul di layar anda:
1.       IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Pesan di atas muncul karena adanya ketidakcocokan antara driver yang diinstal di komputer anda dengan perangkat keras yang digunakan. Contoh saat anda mengupgrade VGA Card anda dengan yang baru anda tidak menguninstal terlebih dahulu driver VGA Card yang lama.
2.       NTFS_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000023)
Pesan tersebut akan muncul karena adanya kesalahan dalam mempartisi harddisk, tapi kerusakan bukan terjadi pada harddisknya. Jadi untuk menanggulanginya anda coba partisi ulang harddisk anda.
3.       UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Pesan di atas akan muncul apabila komponen pada komputer anda mengalamai kepanasan (overclocking) yang berlebihan. Semakin banyaknya program yang aktif dan spesifikasi perangkat tidak memadai akan membuat perangkat anda mengalami kenaikan suhu yang terus meninggkat.
4.       DATA_BUS_ERROR
Pesan yang menandakan bahwa adanya kerusakan yang terjadi pada slot memory pada motherboard anda.
5.       PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan tersebut menandakan bahwa adanya kerusakan yang terjadi pada hardware komputer anda sekalipun itu memory utama, seperti memory Video Card atau memory Processor.
6.       INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan diatas muncul karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan dari driver chipset.
7.       VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan di atasa menandakan bahwa adanya kekurang sempurnaan saat menginstal driver VGA Card atau adanya prosedur penginstalan yang tidak diikuti dengan benar.
8.       BAD_POOL_CALLER
Pesan diatas muncul karena adanya driver yang kurang kompatibel.
9.       PEN_LIST_CORRUPT
Pesan diatas muncul karena adanya kerusakan yang terjadi pada RAM anda.
10.   MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan diatas akibat dari kurangnya kinerja dari CPU atau CPU yang dioverclock sehingga kelebihan panas. Pesan diatas dapat juga muncul akibat dari kurangnya daya dari Power Supply atau Power Supply sendiri mengalami kerusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar