Minggu, 16 Oktober 2011

Shutdown otomatis, shutdown cepat


Timer sangat diperlukan dalam beberapa aspek kehidupan termasuk salah-satunya dalam dunia lkmputer. Dengan adanya timer anda tidak perlu lagi rasa cemas akan apa yang yang telah anda lakukan terhadap PC anda, misalnya lupa untuk mematikan komputer anda karena ketiduran.
Berikut ini salah-satu jalan yang dapat anda buat untuk menjadikan komputer anda dapat shutdown secara otomatis. Ambil salah-satu contoh dalam kehidupan nyata saja seperti kejadian yang selalu saya alami. Saat akan tidur saya memutar musik di komputer saya (agar mudah tertidur) agar saya tidak lagi mematikan komputer secara manual maka saya lakukan shutdown otomatis.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka Command Prompt dengan cara : klik start, all programs, accessories, command prompt atau lewat menu run, caranya : klik start, all programs, run dan ketikan CMD. Setelah anda masuk di CMD anda ketika perintah berikut tanpa tanda kutip “shutdown –s –f –t (timer yang diinginkan)”. Contoh “shutdown –s –f –t 27” artinya komputer akan shutdown dengan sedirinya pada detik ke 27. *Perlu diingat bahwa satuan dalam shutdown otomatis ini adalah detik.
Sekilas itu tentang bagaimana cara melakukan shutdown secara otomatis, kini saya akan tuliskan langkah-langkah agar computer anda dapat melakukan shutdown secara cepat. Caranya adalah buka notepad dan ketikan tanpa tanda kutip “shutdown –s –f –t 1” lalu anda simpan di desktop komputer anda dengan exstensi “.bat” . contoh penamaannya adalah “shutdown.bat”. setelah tersimpan anda lihat di desktop anda apakah ada file yang berexstensi “.bat”.??? Jika ada klik dua kali file tersebut tunggu  hingga komputer anda mati.
*Sedikit tambahan, untuk menggagalkan kedua perintah shutdown di atas dapat dengan cara menuliskan di CMD “shutdown -a”. ini merupakan posting yang hampir sama dengan postingan saya pada beberapa waktu yang lalu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar