Minggu, 23 Oktober 2011

Menginstal Wordpress pada XAMPP (Localhost) Bagian II


Ini merupakan lanjutan dari postingan Menginstal Wordpress pada XAMPP (Localhost) Bagian I. Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan pengaturan pada wordpressnya berbeda dengan yang sebelumnya yang hanya melakukan pengaturan pada XAMPPnya saja.


Langsung saja saya akan tunjukan bagaimana langkah-langkahnya :
1.       Buka http://localhost/wordpress/ pada Web Browser anda.
2.       Anda akan melihat tampilan Create a Configuration File. Anda klik saja Create a Configuration File.
3.       Setelah itu anda akan melihat tampilan awal dari Wordress. Klik saja Let’s Go!
4.       Pada bagian ini anda akan dimintai konfigurasi untuk koneksi ke script PHP yang pada Bagian I sudah anda buat (wp-config-sample.php).  Maka inilah alasan mengapa anda melakukan pengaturan pada wp-config-sample.php sebelumnya. Pada kotak isian username anda ketikan saja ‘root’ tanpa tanda kutip. Sedangkan untuk Passwordnya di kosongkan saja. Dan biarkan kotak isian yang lainnya tidak anda rubah. Dan klik submit.
5.       Pada bagian terakhir anda cukup klik saja Run the Install.
6.       Dan inilah konfigurasi untuk site wordpress offline anda nantinya. Pada kotak isian Site Title anda ketikan nama site yang ingin anda buat. Contoh ‘Mini Kompi’. Pada kotak isian Username anda ketikan nama pengguna untuk login ke wordpress nantinya. Contoh ‘sandimulyadi’. Sedangkan pada kotak isian Password, Twice anda ketikan kata sandi yang ingin anda buat untuk nama pengguna anda. Contoh ‘samplesite’. Dan pada kotak Your E-Mail anda masukan e-mail anda. Contoh ‘sandimulyadi@mini-kompi.blogspot.com’. Dan klik tombol Intall WordPress jika anda sudah selesai membuat pengaturan untuk site offline anda.
7.       Jika semua langkah telah diikuti dengan benar maka akan ada ucapan Success dari Wordpress. Dan anda tinggal klik saja Log In.
8.       Masukan Username dan Password yang telah anda buat tadi. Contoh Username ‘sandimulyadi’ dan Password ‘samplesite’. Dan klik Log In. Jika anda telah masuk ke Dashbor anda itu tandanya anda telah berhasil melakukan penginstallan pada Wordpress anda di XAMPP (jaringan lokal) tanpa harus melakukan koneksi ke internet.
9.       Selamat kini anda dapat berbloging atau building site dengan ria  di rumah anda sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun untuk membayar biaya koneksi ke internet.
*Dapat dilihatpula dari referensi video yang telah saya buat disini untuk penginstalan XAMPP dan disini untuk penginstalan Wordpress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar